Shiny Flashy Green Matrix

Sabtu, 10 September 2016

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



 




PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

SCRUB LEAF JACKFRUIT
BIDANG KEGIATAN:
PKM KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh:
Erma Yuliana 1302040116/2016

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
MEDAN
2016




DAFTAR ISI
Halaman

DAFTAR ISI .......................................................................................................................................   ii

BAB 1. PENDAHULUAN                                                            
1.1 Latar Belakang................................................................................................................................   1
1.2 Perumusan Masalah.........................................................................................................................   1
1.3 Tujuan Pelaksanaan.........................................................................................................................   2
1.4 Luaran yang Diharapkan..................................................................................................................   2
1.5 Manfaat Program.............................................................................................................................   2

BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Analisis Produk................................................................................................................................   3
2.2 Pesaing Peluang Pasar......................................................................................................................   4
2.3 Media Promosi yang akan digunakan................................................................................................   4
2.4 Strategi Pemasaran yang akan diterapkan..........................................................................................   4

BAB 3. METODE PELAKSANAAN
3.1 Tahap Perencanaan..........................................................................................................................   6
3.2 Tahap Persiapan...............................................................................................................................   6
3.3 Tahap Pengadaan Alat dan Bahan.....................................................................................................   6
3.4 Pembuatan Produk...........................................................................................................................   6
3.5 Tahap Promosi.................................................................................................................................   7
3.6 Tahap Penjualan Produk...................................................................................................................   7
3.7 Tahap Evaluasi Perkembangan Usaha...............................................................................................   7







BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Tanaman nangka berasal dari India Selatan, beremigrasi dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali ke Indonesia. Tanaman buah ini tergolong tanaman tropis, sehingga penyebaran dan pengembangannya lebih banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Daun nangka tunggal, berseling, lonjong, memiliki tulang daun yang menyirip, daging daun tebal, tepi rata, ujung runcing, panjang 5-15 cm, lebar 4-5 cm, tangkai panjang lebih kurang 2 cm dan berwarna hijau.
Pohon nangka sangat dikenal dikalangan masyarakat umum. Namun masyarakat jarang tahu bahwa daun nangka yang kering bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kulit. Maka dari itu saya selaku penulis berusaha mengembangkan manfaat daun nangka sebagai scrub leaf jackfruit.
Terkesan aneh memang jika daun nangka yang kita tahu hanya sampah bagi orang awam dijadikan sebagai produk kecantikan. Tapi nyatanya daun nangka memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kulit. Sehingga saya membuka peluang usaha besar yang kemudian menggerakkan hati dan meringankan tangan masyarakat untuk menanam pohon nangka. Karena pohon nangka telah dikenal dan menyebar luas baik di pedesaan maupun di perkotaan.
Dengan adanya ide yang jarang ditemukan serta melihat kondisi lingkungannya, semangat untuk merealisasikannya pun timbul dengan semangat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka saya tertarik untuk melakukan “Pengolahan Daun Nangka Sebagai Scrub Bernilai Jual Tinggi

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumus masalah merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas, anatara lain :
1.      Apakah mendukung usaha tersebut dengan kondisi lingkungan?
2.      Apakah bisa daun nangka dijadikan sebagai scrub?
3.      Bagaimanakah peluang pasar dari usaha tersebut?
1.3 Tujuan Pelaksanaan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, tujuan pelaksanaan yang kami lakukan,  ialah:
1.      Untuk memberitahukan peluang usaha cukup besar di Indonesia, karena daun nangka sudah menyebar sangat luas di daerah kita.
2.      Untuk mengetahui apakah daun nangka bisa dijadikan scrub.
3.      Untuk mengetahui peluang usaha scrub daun nangka.

1.4 Luaran yang Diharapkan
1.    Mampu meningkatkan hasil produktivitas pengolahan daun nangka.
2.    Tersedianya produk baru berbasis home industri.
3.    Dapat membuat suatu inovasi pada produk atau bahan yang kaya akan manfaat baik kesehatan tubuh.

1.5 Manfaat Program
1.      Dapat mengetahui manfaat daun nangka sehingga dapat dijadikan sebagai  scrub.
2.      Memberikan pengetahuan bahwa daun nangka bukanlah sekedar daun untuk dibuang ataupun untuk makanan ternak tetapi  juga dapat dijadikan sebagai produk kecantikan seperti scrub untuk menghilangkan noda gelap ataupun bekas jerawat pada wajah.



BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

1.      Analisis Produk
a) Jenis, Nama Produk, Dan Karakteristik Produk
Produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah daun nangka yang diolah menjadi scrub. Alasan lain adalah untuk memberikan inovasi baru bagi masyarakat.
Adapun karakteristik dari produk ini adalah berbentuk serbuk, diolah dengan daun nangka sebagai bahan utama yang mudah ditemui di lingkungan masyarakat.

b) Prospek
Seperti produk kecantikan lainnya, Scrub ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit tubuh. Masyarakat tidak perlu khawatir adanya getah pada daun nangka yang membuat tubuh menjadi gatal atau iritasi, karena bahan dasar yang digunakan dalam produk ini adalah daun nangka yang kering berwrna cokelat. Seperti yang kita ketahui daun yang sudah mengering kadar air atau getah sudah berkurang bahkan tidak ada. Cara membuat scrub ini juga sangat mudah dan praktis. Scrub daun nangka ini merupakan produk kecantikan yang dibuat secara alami tanpa menggunakan bahan kimia yang dapat merusak kulit. Karena itulah, saya selaku mahasiswa terdorong untuk mengembangkan usaha scrub unik ini dengan harga yang sangat terjangkau bagi semua masyarakat.

c) Keunggulan hasil scrub leaf jackfruit
Keunggulan pembuatan scrub jackfruit ini adalah:
1.    Untuk mendapatkan bahan-bahan ini kita tidak bersusah payah mencarinya, karena bahannya banyak tersedia di lingkungan rumah masyarakat khususnya daerah yang beriklim tropis.
2.    Produk yang dihasilkan berbeda dari produk yang lain, yang sudah ada pada umumnya.
3.    Terbuat dari bahan alami tanpa mencampurkan bahan kimia dan menggunakan panas matahari untuk proses pengawetan.

d) Keterkaitan dengan produk lain dan cara perolehan bahan baku
Scrub ini sama seperti scrub lainnya, hanya saja yang membedakannya adalah dibuat tanpa menggunakan bahan kimia.

2.      Pesaing dan Peluang Pasar
Secara umum dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk saya perhatikan. Pemilihan target pasar didasarkan pada ketertarikan dan selera pasar terhadap produk yang dihasilkan. Sasaran yang menjadi target utama adalah para kalangan mahasiswa, masyarakat maupun wisatawan.
Tempat penjualan atau pemasarannya adalah dititipkan ataupun dimasukkan ke pasar tradisional, toko-toko kosmetik, toko oleh-oleh serta melalui sosial media karena mengingat hampir semua masyarakat telah menggunakan smartphone yang dipenuhi dengan berbagai aplikasi sosial media.

3.        Media Promosi yang akan digunakan
Untuk menunjang proses pemasaran, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk ini sehingga lebih dikenal masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat untuk membersihkan wajah sehari-hari. Tempat penjualan atau pemasarannya adalah dititipkan ataupun dimasukkan ke pasar tradisional, toko-toko kosmetik, toko oleh-oleh serta melalui sosial media karena mengingat hampir semua masyarakat telah menggunakan smartphone yang dipenuhi dengan berbagai aplikasi sosial media.

4.        Strategi Pemasaran yang akan diterapkan
Usaha ini merupakan pengembangan dari pengolahan daun nangka sebagai bahan dasar. Keunggulan yang dimiliki dari usaha ini adalah daun nangka memiliki kandungan senyawa saponin, tanin, dan flavonoid. Senyawa saponin dan tanin mampu membunuh sel bakteri, sedangkan senyawa flavonoid mampu bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas, sehingga mampu meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Scrub leaf jackfruit ini dijual dengan harga Rp. 7.000 per kemasan. Penentuan harga Rp. 7.000 per kemasan dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk satu Scrub leaf jackfruit adalah mahasiswa, wisatawan dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu mempelancar proses penjualan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan dengan biaya produksi, sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.



BAB 3

METODE PELAKSANAAN PROGRAM


            Terdapat beberapa metode yang digunakan pada program ini, dalam penjelasannya sebagai berikut :
1.        Tahap perencanaan
Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan atau survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survey adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan untuk kedepannya dan prospek jangka panjang.

2.        Tahap persiapan
Persiapan yang perlu dilakukan adalah persiapan dalam pemilihan bahan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi.

3.        Tahap pengadaan alat dan bahan
Pada tahap ini mulai dilakukan pembelian alat penunjang serta bahan yang akan digunakan dalam proses produksi. Pemilihan kualitas alat maupun bahan demi kualitas produk merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.

4.        Pembuatan produk
Pembuatan produk dilakukan dengan memperhatikan kualitas barang yang akan digunakan sehingga pembeli tidak akan merasa kecewa dengan barang yang akan dibeli.

5.        Tahap promosi
Produksi dan menyebarluaskan informasi mengenai produk Scrub Leaf Jackfruit yaitu dengan melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah swasta, tempat pengolahan wisata, tempat pelayanan publik dan sejenisnya untuk memperkenalkannya pada massa yang lebih luas. Selain itu, mempromosikan melalui pembuatan dan penyebaran pengumuman, brosur, pamflet, info pada blog-blog dan berbagai sosial media lainnya agar semua kalangan tau keberadaan scrub tersebut.

6.        Tahap penjualan produk
Pada  tahap ini dilakukan dengan cara Direnc Selling yaitu wisatawan dan konsumen atau masyarakat lainnya dapat membeli produk yang kami tawarkan di stand-stand yang tersedia di kawasan wisata maupun warung ataupun pasar tradisional.

7.        Tahap evaluasi perkembangan usaha
Pada tahap ini dilakukan perhitungan pengeluaran dan pemasukan dari produksi Scrub Leaf Jackfruit. Selain itu, dilakukan pula evaluasi terhadap modal yang ada, evaluasi terhadap jaringan dan mitra kerja.

8.        Evaluasi kegiatan
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui secara keseluruhan sejauh mana usaha tersebut dapat berjalan baik dari segi kekurangan dan kelebihan serta rincian secara keseluruhan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar